Ebook

Di halaman ini anda bisa membaca eBook gratis untuk Member Umum, Ebook Exclusive Member VIP dan eBook terbitan Bali Wisdom (dan partner) yang dijual di Toko Ebook Gocara

Kumpulan ebook eksklusif khusus Member Gocara VIP

Ajaran Gama Tirtha: Igama, Agama, Ugama

Oleh: Putu Yudiantara

4.5/5

Agama di Bali disebut juga dengan Agama Tirtha (Gama Tirtha). Ajaran ini berfokus pada Agama Tiga, yaitu Igama, Agama, Ugama. Ketiga aspek Agama Tirtha sejatinya bicara mengenai harmoni kehidupan.

Gama Tirtha adalah sebuah jalan bertuhan yang bersifat holistik dan integratif. Bukan hanya tentang “mencari surga setelah mati,” atau “memuja Tuhan yang jauh di sana.” Gama Tirtha mengajak kita untuk merealisasi ketuhanan dalam kehidupan dan menciptakan surga di Bumi.

Tulisan ini adalah renungan yang menarik disimak di era “mabuk agama” seperti sekarang.

Ajaran Yoga & Kehidupan Dalam Bhagawad Gita Nusantara

Oleh: Putu Yudiantara

4.5/5

Pada era Pemerintahan Dharmawangsa Teguh pernah diadakan upaya yang disebut mangjawaken byasamata (men-Jawa-kan ajaran Rsi Wyasa). Pada masa ini lah Epos Mahabharata ditulis ulang dalam Bahasa Jawa Kuno (Kawi).

Pada era ini lah Pustaka Bhisma Parwa juga turut ditulis ulang oleh para Pandita Nusantara kala itu. Istilah “Bhagawad Gita Nusantara” mengacu pada bagian dari pustaka Bhisma Parwa tersebut.

Disebutkan bahwa apa yang Krishna ajarkan apda Arjuna itu adalah ilmu yoga (yoga-shastra). Bukan sekedar yoga meditatif apa lagi olah tubuh, namun kehidupan itu lah yang dijadikan yoga.

Yoga dan Kebahagiaan Ajaran Mpu Kanwa

Oleh: Putu Yudiantara

4.5/5

Mpu Kanwa adalah sosok pengarang Kakawin Arjuna Wiwaha yang hidup pada era Kerajaan Kediri. Sejak ditulis hampir seribu tahun lalu sampai sekarang, kakawin ini masih menjadi salah satu kakawin paling populer di kalangan masyarakat Bali.

Namun bukan hanya keindahan tembang yang hendak dihadirkan Mpu Kanwa. Beliau pun menyisipkan ajaran-ajaran tentang Yoga dan Kebahagiaan di dalam karyanya.

Ebook ini akan mengajak anda untuk menelusuri ajaran-ajaran Mpu Kanwa tersebut dan mengkajinya dari perspektif Psikologi Modern, serta implementasinya dalam kehidupan.

Banten Sebagai Yantra

Oleh: Putu Yudiantara

4.5/5

Kata banten berarti persembahan. Istilah lain untuk banten adalah bali. karenanya, jangan heran jika Pulau Bali dipenuhi oleh aktifitas persembahan dan ritual keagamaan.

Namun demikian, banten tidak hanya berfungsi sebagai “persembahan” semata. Menurut salah satu lontar, banten adalah sebuah yantra (alat). Sebagai alat, idealnya ia diberdayakan bukan semata-mata disuguhkan.

Ebook ini akan mengajak anda melihat kedalaman makna banten, menelusuri arti menyembah, siapa yang sejatinya disembah dan wacana terkait.

Tantra Yoga ajaran Calon Arang & Mpu Bharadah

Oleh: Putu Yudiantara

4.5/5

Dalam ebook ini anda akan diajak untuk menelaah ajaran-ajaran dalam Pustaka Calon Arang. Meski nama Calon Arang dan Mpu Bharadah demikian populer, namun teksnya tidak lah sepopuler namanya.

Padahal, dalam pustaka tersebut bisa ditemukan banyak mutiara terpendam terkait ajaran-ajaran Yoga dan Tantra warisan leluhur. Ajaran yang masih bisa dicari jejaknya sampai sekarang, baik di Bali sampai ke Tibet.

Kumpulan ebook terbitan Bali Wisdom dan Penerbit lain

Silahkan Masuk untuk mengakses materi eksklusif Gocara

Belum jadi member? Silahkan daftar di sini

Silahkan Isi Form dan Pilih Metode pembayaran anda

PERHATIAN: Nomor Virtual Account Pembayaran Hanya Berlaku Selama 24 Jam

Sudah jadi member? Silahkan Login